Laman

Thursday 25 August 2016

KOMTEI (Koperasi Masyarakat Teh Indonesia)

















Apa itu KOMTEI?
Komtei adalah Kepanjangan dari Koperasi Masyarakat Teh Indonesia
Dengan tujuan untuk membangkitkan kembali Kebun teh rakyat yang dulu pernah berjaya di wonosobo pada khususnya  dan Nusantara pada umumnya.  
Sebagai kepanjangan tangan atau pelaksana  dari hasil Nota Kesepahaman Kerjasama antara Pemda kab. Wonosobo dengan OISCA Indonesia (Jepang) KOMTEI mengemban tugas untuk untuk merevitalisasi Kebun Teh Rakyat agar berjaya kembali, meskipun kedepannya bukan hanya teh saja yang akan di revitalisasi tetapi semua bidang pertanian, peternakan  dan perikanan yang akan di up date teknologinya berdasarkan Nota Kesepahaman tersebut agar benar- benar terwujud Ketahankan pangan  secara mandiri di Wonosobo maupun Indonesia secara keseluruhan.

Siapa Yang Terlibat Dalam KOMTEI?
Sesuai dengan namanya KOMTEI melibatkan semua masyarakat termasuk  Pecinta Teh, Petani Teh atau Pengolah Teh. Yang artinya siapapun boleh menjadi anggota koperasi ini, tentunya  dengan ketentuan hak dan kewajiban  yang telah diatur dalam ADART Koperasi Masyarakat Teh Indonesia (KOMTEI) sebagai Koperasi Serba Usaha.
Kenapa Memilih Bentuk Koperasi?
Sesuai dengan tujuan awal perjanjian yaitu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat, maka yang paling mendekati untuk melaksanakan tujuan itu adalah bentuk koperasi, bukan corporation ataupun badan Usaha secara umum.
Bagaimanana cara kerja KOMTEI?
Dalam KOMTEI terdapat dua kegiatan
-Yang pertama adalah kegiatan produksi teh yang dimulai dari Penanaman, Pengolahan hingga  Pemasaran Produk Teh.

-Yang kedua adalah unit pembelajaran,  dimana siswa yang juga menjadi anggato KOMTEI akan belajar mengenai teh mulai dari Pertanian, Pengolahan, Pengepakan hingga membuat mesin teh yang tepat sehingga meningkatkan hasil olahan teh dan meningkatkan harga teh.


Baca juga
>> 1 2 3 <<


No comments:

Post a Comment